Dede Yusuf Membuktikan kalau Isu Serbuan TKA asal Cina di Morowali adalah Hoax

Dede Yusuf Membuktikan kalau Isu Serbuan TKA asal Cina di Morowali adalah Hoax. Dede Yusuf Macan Effendi salah satu Kader Partai Demokrat yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi IX (Tenaga Kerja, Kependudukan, Kesehatan) DPR RI periode 2014-2019 telah pergi ke Morowali, Sulawesi Tengah untuk memeriksa keberadaan TKA.

Dalam kunjungan kerjanya, Dede Yusuf dan Tim mengunjungi PT. IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park), yaitu sebuah perusahaan terbesar se-asia tenggara yang mengolah tambang nikel dengan nilai investasi Rp. 78 Trilliun. Perusahaan ini didirikan tahun 2013 dan mengantongin persetujuan Prinsip bernomor263/1/IP-PB/PMA/2015.

Perusahaan ini merupakan patungan Shanghai Decent Investment (Group) dengan porsi saham 49,69%, PT Sulawesi Mining Investment 25%, dan PT Bintang Delapan Investama 25,31%. Perusahaan iniĀ  melakukan pengembangan terhadap tambang nikel seluas hampir 47.000 hektare di Kabupaten Morowali dengan menyerap tenaga kerja yang sangat banyak.

Dari hasil kunjungan kerjanya, Dede Yusuf menemukan data, bahwa PT IMIP memiliki tenaga kerja sebanyak 30.000 orang yang terdiri 28.000 tenaga kerja lokal dan 2500 TKA. Data yang di peroleh Dede Yusuf ini telah dia viralkan di media masa untuk mengklarifikasi isu bahwa ada puluhan ribu TKA asal Cina di Morowali.

Menurut Dede Yusuf, Rombongan kunker Komisi 9 dan Satgas Pengawasan TKA datang ke PT. IMIP memang untukk membuktikan apakah benar TKA dari China menyerbu atau menguasai pabrik. Karena itu rombongan Kunker mendatangi semua tempat yang ada di IMIP, mulai dari kantin pekerja, Mess Pekerja China, Pabrik, bahkan ruang operator.

Dari kunjungan itulah di dapat data bahwa jumlah Karyawan asing di PT IMIP sekitar 2500. Artinya TKA tidak sampai 10% dan memiliki izin kerja yg sah. Dan ini juga dibuktikan oleh laporan pejabat Imigrasi Kemenkumham disana.

Sebagai perusahaan besar, PT IMIP memang membutuhkan banyak tenaga kerja. Saat ini saja, PT IMIP sedang membutuhkan tambahan 10 ribu Karyawan lagi yang akan di isi dari tenaga kerja Lokal. Dan lowongan kerja di PT IMIP ini teruka untuk umum selama memenuhi kriteria yang di tetapkan perusahaan.

Gaji yang di tawarkan perusahaan ini lumayan besar. Lulusan SMA yang baru masuk 6 bulan rata-rata mendapat gasi sekitar Rp4 juta. Sementara karyawan yang sudah bekerja lebih dari 2 tahun gajinya mencapai Rp8 juta hingga 10 juta/bulan.

Namun sayangnya, tidak semua orang senang dengan hasil pembuktian dari tim kunker komisi 9 ini. Mereka merasa kalau semua data yang di peroleh Dede Yusuf adalah hasil rekayasa. Pasalnya, kunjungan kerja Dede Yusuf dan Tim nya sudah di rencana jauh hari, sehingga pihak IMIP bisa saja menyembunyikan TKA dari penglihatan Tim Kunker. Sehingga apa yang di lihat Tim Kunker adalah apa yang di inginkan IMIP bukan yang di harapkan oleh masyarakat.

Awalnya, Dede Yusuf telah memposting hasil temuan Tim nya di Instagram, tapi entah mengapa saat ini postingan itu telah di hapus dan tidak di temukan lagi.

Pertanyaannya, jika masyarakan tidak lagi mempercayai hasil kerja wakilnya, lalu siapa yang akan percayai?”