Terjebak Info Telur Palsu, "Membran Telur tebal dan kayak kertas"

Terjebak Info Telur Palsu, “Membran Telur tebal dan kayak kertas”.  Heboh telur ayam palsu masih menjadi trending topik di FB. Di awali dengan keluhan seorang ibu yang mengaku jadi korban telur palsu.

Kronologi singkatnya, si ibu hendak menggorengkan telur untuk anaknya, saat telur di pecahkan, cangkangnya retak, tapi membran telur masih intak dan hanya sobek sedikit saja. Saat di teliti lebih lanjut, si ibu menemukan kalau membran telur tebal dan mirip kertas buku tulis. Apalagi telur tidak berbau amis sama sekali, meski sudah di simpan lama…

Mengapa Membran telur Tebal dan berbau tidak amis?  Ini rahasianya..

1. Mengapa Membran Telur Tebal dan mirip kertas

Dalam salah satu artikel di situs Teknologi Makanan menjelaskan mengapa membran telur bisa tebal dan kayak kertas, yaitu karena pakan telur cukup banyak mengandung kalsium. Bukan rahasia umum lagi, kalau kulit telur komposisi utamanya adalah kalsium karbonat yang mengkristal. Oleh karena itu, peternak yang ingin mendapatkan telur berkualitas baik, dengan cangkang tebal agar tidak mudah pecah, maka pakan yang di berikan harus banyak mengandung kalsium.

Patut di ketahui,  salah satu faktor yang menentukan kualitas telur adalah tebal tipisnya membran. Membran telur yang tebal menunjukkan kalau kualitas telur sangat bagus dan daya simpannya akan lama. Karena telur tidak akan mudah pecah. Tebal tipisnya membran telur berbanding lurus dengan ketebalan cangkang. Dan itu bisa di atur melalui pemberian pakan yang kaya kalsium.

2. Mengapa Telur tidak Amis?

Telur berkualitas baik adalah telur yang tidak berbau Amis. Telur yang amis menandakan kalau telur itu sudah lama dan cangkangnya tidak bersih.

Hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa menciptakan telur palsu. Kalau pun ada, pasti biaya produksinya mahal. Sementara harga telur di Indonesia tergolong murah.  Jadi, silahkan di kalkulasi sendiri. Kalau tujuan utama membuat telur palsu adalah untuk meraup keuntungan, pasti merugi. Tapi kalau ada agenda terselubung dalam pembuatan telur palsu, maka itu yang harus di waspadai.

Sejak keluhan itu,  banyak sekali berita tentang telur palsu yang tersebar di internet. Ada yang begitu gigih membuktikan kalau telur palsu itu ada, ada juga yang mengatakan kalau telur palsu adalah hoax di sertai bukti-bukti otentiknya.

Yang menjadi masalah, sampai detik ini belum ada verifikasi berarti yang bisa menyakinkan warga kalau telur palsu itu sebenarnya tidak ada. Sehingga info telur palsu ini, secara langsung dan tidak langsung merugikan peternak dan masyarakat. Ketahuilah, hingga saat ini, telur adalah sumber makanan bergizi tinggi yang paling murah dan terjangkau. Dan ini belum tergantikan….!

Jadi, bijaklah dalam menyaring informasi. Jangan terjebak pada berita Hoax yang tujuannya hanya ingin membuat resah rakyat. Itu saja!