Proses Pembentukan Telur dalam tubuh Ayam

Proses Pembentukan Telur dalam tubuh Ayam. Pernahkan Anda merasa penasaran, mengapa ayam betina Anda hanya bertelur sehari sekali? Sekarang jangan penasaran lagi, karena Admin akan membagikan pengetahuan bagaimana telur di bentuk dalam tubuh ayam tahap demi tahap.

Agar Ayam betina Anda bertelur, maka ayam itu harus cukup umur yaitu kurang lebih umur 6-7 bulan. Untuk mendapatkan kualitas telur yang baik dan produktivitas yang tinggi, maka pakan telur harus bergizi dan mengandung banyak kalsium untuk pembentukan cangkang. Untuk menekan jumlah bakteri dan menjaga kekebalan tubuh ada baiknya ayam di beri minum rendaman daun sirih atau binahong.

Proses Pembentukan Telur dalam tubuh Ayam

  1. Pembentukan telur dimulai dengan terbentuknya sel telur berupa folikel (bakal kuning telur) di dalam ovarium.

  2. Folikel kemudian dilepaskan oleh ovarium dan ditangkap oleh bagian infundibulum. Folikel berada di bagian ini selama 15-30 menit tanpa adanya penambahan unsur lain.

  3. Dari infundibulum kemudian masuk ke bagian magnum. Di sini albumin (putih telur) kental dan encer disekresikan. Proses ini memakan waktu sekitar 3 jam.

  4. Selanjutnya masuk ke bagian isthmus. Di sini telur dibungkus dengan selaput tipis (membran sel). Proses ini memakan waktu sekitar 1,5 jam.

  5. Setelah itu calon telur masuk ke dalam uterus. Di sini kerabang telur terbentuk, kemudian dilapisi dengan kutikula (selaput tipis dan bening). Proses ini memakan waktu sekitar 20-21 jam.

  6. Selanjutnya telur masuk ke dalam vagina. Di sini hanya beberapa menit saja dan kemudian telur dikeluarkan melalui kloaka.

Semua proses pembentukan telur ayam di atas membutuhkan total waktu 24-26 jam. Maka dari itu seekor ayam betina tidak akan mampu bertelur lebih dari 1 butir per hari.