Strategi pencabutan Subsidi untuk rakyat Kecil
>

Strategi pencabutan Subsidi untuk rakyat Kecil. Pemerintah kurang berimajinasi saat mencabut Subsidi Listrik. Dengan mencabut Subsidi untuk pengguna R1 900Va dan 1300Va, banyak rakyat kecil yang merasa teraniaya. Mereka yang biasanya tiap bulan hanya menghabiskan token 50 ribu, dengan di cabutnya subsidi harus membayar 1 kali lipatnya, yaitu 100 ribu. Rakyat menjerit, tapi pemerintah seolah membutakan mata dan menulikan telinga.

Jika pemerintah Bijak, maka sebelum melakukan pencabutan, pasti akan memikirkan kesejahteraan rakyat kecil. Karena tidak semua pengguna listri R1 900va dan 1300Va adalah rakyat mampu. Ada sebagian yang terpaksa memasang R1 900 karena R1 450 sudah tidak ada lagi. Untuk mencabut subsidi, agar tidak memberi beban tambahan pada rakyat, pemerintah harusnya menyiapkan strategi jitu.

Karena pemakaian Kwh dan  banyaknya barang elektronik dalam rumah berbanding lurus, maka sebenarnya, solusi untuk kasus ini sangat mudah. Pemerintah menentukan SUBSIDI berdasarkan jumlah pemakaian Daya Listrik tiap rumah. Misal, Untuk pemakaian di bawah/= 100 kwh, maka layak mendapat Subsidi, sedangkan pemakaian di atas itu, di kenakan tarif lain. Simple bukan? Atau kalau token listrik, pembelian untuk 100 KWH pertama di subsidi, sementara kelebihannya  tidak mendapat subsidi. Dengan begitu ada win-win solutions antara pemerintah dan rakyat.  Subsidi dari pemerintah tepat sasaran dan rakyat yang tidak mampu tidak merasa di anak tirikan.

Saat ini kebutuhan listrik rumah tangga sederhana paling sedikit (di pukul rata) berkisah antara 120-150 Kwh. Dengan tarif lama, 120 – 150 Kwh hanya perlu membayar 56 ribu. Tapi sekarang dengan jumlah Kwh yang sama, pelangan R1 900 dan R1 1300 terpaksa harus membayar kurang lebih 150 ribu. Naiknya hampir 100 ribu sendiri. Inilah yang mencengkik rakyat. Karena kebutuhan rakyat sangat banyak, bukan hanya untuk urusan peneranga saja.

Karena itu bersama ini, Admin Jeplax.com mewakili jeritan hati rakyat kecil yang teraniaya, memohon pada pemerintah agar mengkaji ulang pencabutan subsidi untuk pelangan PLN R1 900Va, karena benar-benar membuat rakyat kecil yang benar-benar tidak mampu menjadi sangat tertekan dan terpuruk.