>
Cara mudah mencegah dan menghilangkan Bau Mulut saat puasa.  Ini cara benar-benar mudah. Dan sudah saya buktikan sendiri. Tinggal anda, mau mencobanya atau tidak. Karena mudah, sampai tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, hanya secukupnya saja. Tapi kalau anda punya source nya, malah tak perlu mengeluarkan biaya apa-apa. Tidak bikin perut kembung karena kebanyakan minum.  Penasaran?  Ingin tahu bagaimana caranya mencegah dan menghilangkan bau mulut selama puasa?? Simak penuturan saya di bawah ini….
Pernahkan anda mendengar hadist ini?
“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151)
Puasa itu ibadah,  tapi akan jadi fitnah, kalau mulut kita mengeluarkan aroma tidak sedap.  Memang sih, kalau menurut hadist di atas, mulut kita yang berbau karena puasa, akan menjadi harum di sisi Allah kelak. Tapi alangkah baiknya, kalau sama-sama harumnya? Harum di hadapan Allah, harum juga di hadapan manusia.  Atau setidaknya tidak berbau. Apakah mungkin?? Mungkin saja jika mau berusaha. Dan kemungkinan itu hanya bisa terjadi jika anda menuruti saran saya berikut ini.
Apakah di halaman rumah anda ada tanaman kenikir (Ulam Raja) atau dalam bahasa latinnya Cosmos caudatus? Jika iya, maka beruntunglah anda. Karena tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai anti bakteri dan penetral asam lambung.  Sebenarnya, tips yang akan saya sampaikan ini, berdasarkan pengalaman saya sendiri. Dulu saya punya masalah bau badan yang mengganggu. Resep tradisional jawa dari eyang saya mengatakan kalau kenikir bisa mebghilangkan bau badan. Akhirnya saya secara rutin mengkonsumsi daun kenikir, baik sebagai lalap, ataupun di minum airnya.  Setelah beberapa kali mencoba, masalah bau badan saya teratasi, bukan itu saja, penyakit maag yang saya derita juga menghilang. Dan yang terpenting saat puasa, sunah Senin-kamis, mulut saya tidak lagi berbau,
Ini adalah penemuan yang menguntungkan. Sejak saat itu, saya selalu berusaha menyertakan daun kenikir dalam menu makanan yang saya santap, Biasanya dengan di rebus, untuk lalapan, lalu air bekas rebusannya di minum. Dengan cara ini, saya telah menghilangkan bau mulut tak sedap saat puasa serta menyembuhkan penyakit maag saya.
Perlu di ketahui, bahwa daun kenikir sedikit beraroma menyengat bagi yang tidak suka, tapi terasa segar bagi yang suka. Daun kenikir rasanya agak sedikit pahit saat di jadikan laalap, atau di makan dengan pecel, tapi air sisa rebusannya lumayan pahit meksi tidak sepahit daun pepaya. Jika anda ingin mencoba cara mudah menghilangkan dan mencegah bau badan ini, maka berikut ini caranya:
Resep mudah mencegah dan  menghilangkan bau badan
  1. Ambil segenggam daun kenikir, cuci bersih lalu
  2. Rebus daun kenikir yang sudah bersih dengan 3 gelas air
  3. Didihkan dengan apis edang hingga tersisa 1 gelas.
  4. Angin-anginkan! Minum saat sudah dingin atau saat masih hangat-hangat kuku.
Alternatif lain, karena saya sangat menyukai lalap daun kenikir, maka saya akan merebus daun kenikir dalam air mendidih secukupnya. Setelah daun lunak, saya tiriskan untuk di jadikan lalap makan, dan air sisa rebusan di dininkan untuk di minum setelah makan. Dengan cara inilah, saya mengatasi bau-bauan yang keluar dari tubuh saya, baik bauk keringat ataupun bau mulut saat puasa. Semoga bermanfaat.. 

NB: Bagi yang tidak tahu seperti apa DAUN KENIKIR / TUMBUHAN KENIKIR bisa di lihat di Database Tanaman KEBUN Q / Kenikir (#JengPIO)