Gantung Diri berarti 'MATI DUA KALI'. Jangan pernah Mencoba!!
>
Beberapa hari yang lalu kita di kejutkan dengan tayangan Bunuh Diri via Facebook Live. Tayangan itu sendiri telah ditonton oleh 100 ribu orang lebih. Yang menjadi pertanyaan saya adalah, mengapa baru 3-4 jam kemudian mayatnya di temukan? Padahal inti dari tayangan Live adalah, saat itu di rekam, saat itu pula di tayangkan. Apakah tidak ada teman fB nya yang melihat?? Ini hanya pertanyaan, dan saya tidak yakin ada jawaban memuaskan.
Baiklah, mari kita lupakan pertanyaan itu. Kita bahas hal yangg lebih peting, yaitu tentang apa yang di rasakan oleh orang yang mati gantung diri. Banyak pihak yang takut kalau kelak akan muncul tayangan seperti itu lagi. Karena itu sebelum hal seperti itu terulang, saya ingin mengungkapkan apa yang sebenarnya di rasakan oleh orang yang mati gantung diri.  Agar anda tahu dan bisa membayangkan serta berpikir 2, 3 bahkan 10 kali sebelum melakukan hal serupa. Karena mati dengan menggantung diri itu sangat menyakitkan.
Pernahkan secara sengaja Anda menekan pangkal leher di bawah dagu (titik A = lihat gambar)? Tekanan yang keras pada daerah itu akan membuat anda tercekik. Apa yang anda rasakan saat tercekik? Susah bernafas dan rasa ingin muntah? Benar sekali. Itulah yang di rasakan oleh orang yang melakukan gantung diri, bedanya, rasa yang di derita ribuan kali lebih sakit daripada itu. Dan semua itu terjadi dalam hitungan detik hingga beberapa menit, tergantung ketahanan tubuh anda.
Begitu tali mulai menjerat, leher akan terasa sakit, suplay oksigen terhambat.  Anda akan kesulitan bernafas, wajah anda akan menjadi ungu, dan pandangan menjadi kabur.  Dalam hitungan detik, rasa sakit itu akan menjalar keseluruh tubuh, dada akan terasa seperti terbakar dan mau meledak, denyut jantung menjadi cepat, anda akan mengalami kepanikan yang hebat dan pasti akan berusaha melepaskan diri. Anda akan meronta dan mengalami kejang-kejang yang menyakitnya akibat terhambatnya pasokan oksigen keparu dan penyumbatan pembuluh darah ke otak. Pada posisi ini, kerusakan organ tubuh sudah terjadi. Dan anda tidak akan bisa membebaskan diri dari jeratan tali, kecuali keberuntungan sedang berpihak pada anda (ada orang yang menolong, tali putus, tempat mengantung patah). 
(Kalaupun ada pertolongan dan dewa keberuntungan sedang berpihak pada anda, jika sudah memasuki tahap ini, hidup anda tidak akan tertolong lagi. Jika tidak mati, maka anda akan mengalami kerusakan otak permanen. Anda tidak akan menjadi normal seperti sedia kala. Jadi pikirkan baik-baik sebelum gantung diri).
Tidak cukup sampai di situ. Setelah merasakan kesakitan yang cukup kejam itu, anda akan tak sadarkan diri. Jika ada yang menyaksikan, pasti mereka menganggap anda sudah mati dan penderitaan anda sudah terhenti. Tapi anggapan itu salah. Karena ada penderitaan yang lebih hebat lagi yang sedang menanti anda, yaitu derita sakaratul maut.
Anda yang telah pingsan, tiba-tiba akan tersadar kembali. Anda akan di beri kekuatan untuk memberontak, tubuh anda akan berayun kesana kemari secara relfeks. Anda seperti hidup kembali, tersadar dan memiliki keinginan untuk melepaskan diri. Tubuh anda tidak akan berhenti bergerak seolah ingin menghindari sesuatu. Gerakan merontak sekuat tenaga itu akan membuat tali terikat semakin erat. kesakitan yang amat sangat akan melanda. Diafragma anda akan berkontraksi hebat untuk terakhir kalinya. Lidah anda mulai terjulur keluar, mata melotot menahan kesakitan yang tak terperikan. Seluruh isi perut seperti tersembur keluar. Dan untuk terakhir kalinya, anda akan mendapat ingatan tentang hal-hal indah dalam hidup anda, tentang keluarga, teman dan orang-orang yang anda sayang.
Saat itulah anda akan merasa betapa hidup itu sangat indah dan berharga. Rasa sesal akan mendera anda. Rasa penasaran akan menyelimuti jiwa anda. Tapi semua itu sudah terlambat. Kematian yang Anda inginkan,  kehidupan yang anda sia-siakan akan segera di renggut lepas, tanpa bisa anda pertahankan. Dan anda akan mati dengan penuh rasa sesal dan penasaran. Karenanya orang-orang akan mengenal anda sebagai seseorang yang mati penasaran!
Jadi jangan pernah berpikir untuk Bunuh diri, baik dengan gantung diri ataupun dengan cara lain. Karena anda akan menderita dua kali, mati dua kali. Kematian yang anda ciptakan sendiri… dan kematian yang hakiki!
Pesan Moral: 

Jika punya masalah dalam hidup selesaikan, jangan ambil jalan pintas. kematian bukan solusi.  kalu hidup saja sudah begitu susah, siapa yang bisa menjamin kalau setelah mati segalanya akan menjadi mudah?? ~MeyshaLestari~