Cara Menulis  kata آمِيْن (Aamiin) yang benar.
Jika kita sering aktif di Media sosial, maka seringkali kita melihat status-status teman yang berisi doa, keinginan dan harapan yang baik yang kadang kita tergelitik untuk mengaamiinkan agar doa itu di ijabah oleh Allah Swt. Dan kata yang cocok untuk mengaaminkan sebua doa adalah sebuah kata yang memiliki arti mendukung kata-kata itu. Ketika orang mengatakan, “semoga…” maka setidaknya kita pasti  ingin menyahut, “semoga Allah mengabulkan doamu..” Dan untuk itu, kita pasti menggunakan kata آمِيْن.

 

Dalam bahasa Indonesia kata apakah yang sesuai untuk kata آمِيْن ini?
  • Apakah Amin?
  • Apakah Aamin?
  • Apakah Amiin?
  • Apakah Amien?
  • Atukah Aamiin?

Dalam kata bahasa arab, beda penulisan bisa berbeda arti meski lafalnya hampil sama. lalu dari keempat kata doa atas, yang manakah yang  layak di gunakan untuk mengaamiinkan doa seseorang?

Mari kita telaah satu persatu.

 

Dalam kata bahasa Arab yang di gunakan untuk mengaamiinkan doa adalah kata آمِيْن.  Kata آمِيْن, terdiri dari hurup Alif yang di beri Fathah dan Mim yang di kasrah lalu bertemu dengan yak dan nun.

 

  • Alif dalam huruf latin diwakili oleh huruf A. Fatha juga mewakili hurup A. Maka alif yang di Fatha (آ) akan di baca secara memanjang dan dalam huruf latin di wakili oleh hurup Aa.
  • Mim dalam hurup latin di wakili oleh huruf M. Kasroh akan berbunyi i. Maka mim yang di kasroh akan berbunyi ‘mi’. Dan karena mim kasro bertemu dengan ‘Ya’ yang di beri sukun, maka hurup ‘i’ di baca panjang dan yang di wakili oleh huruf ‘mii”. Karena diakhiri oleh huruf Nun, maka mim yang di kasroh bertemu yak mati dan nun harus di baca ‘miin’.

Jadi آمِيْن dalam hurup latin harus di tulis menjadi Aamiin.

lalu bolehkan jika آمِيْن di tulis dalam hurup latin menjadi Amin/aamin/amiin/amien?
Jawabnya adalah tidak boleh. Karena komponen hurufnya beda maka artinya akan berbeda pula. Karena kata Amin, Amiin dan Aamin dalam bahasa arab artinya berbeda.

Berikut adalah arti kata Amin, Amiin, Aamin, aamiin dalam bahasa Indonesia.
  1. Amin (alif bertemu mim yang di kasroh dan nun), artinya Aman, Tentram
  2. Aamin (alif fatha dan mim yang di kasroh dan nun), artinya Meminta Perlindungan Keamanan
  3. Amiin (alif, mim di kasroh di ikuti oleh yak dan nun), artinya Jujur Terpercaya
  4. Aamiin (alif fatha, mim di kasroh bertemu yak di akhiri oleh huruf Nun), artinya Ya Allah, Kabulkanlah Do’a Kami.
Sekarang anda tahu dari keempat kata di atas, bahwa yang nomor 4 lagi yang harus di gunakan untuk mengaamiinkan doa seseorang.  Dan jangan pernag menuliskan kata “Amien” karena kata ini tidak punya arti dan biasaya di gunakan oleh orang kafir penyembah berhala sebagai pengganti kata Aamiin.