Semua orang bisa menulis. Tapi menulis yang bisa menghasilkan uang tanpa harus menjadi penulis profesional adalah dengan menjadi Blogger.  Untuk memulai tak perlu mengeluarkan modal banyak, cukup memiliki sebuah laptop dan koneksi internet yang stabil. Blog yang akan di buatpun bisa menggunakan blogspot yang gratis dan tidak di punggut biaya.  Monetisasi pun tidak harus menggunakan Google Adsense, meski tidak di pungkiri kalau Google Adsense adalah platform terbaik untuk memonetasi blog.  Tapi saat ini ada banyak situs yang menawarkan jasa monetisasi blog baik yang bersifat CPM (di bayar setiap 1000 tayangan iklan) ataupun ya bersifat CPC (di bayar setiap ada yang mengklik iklan) seperti Kliksaya.
 
 
Mungkin ada banyak yang belum tahu apa itu Monetisasi. Secara sederhana, monetisasi dapat di artikan sebagai mendapatkan uang dari blog. Monetisasi dapat di lakukan dengan 2 cara, yaitu:
  1. Dengan memasang Iklan
  2. Dengan menulis artikel (dibayar untuk me-Review)
Monetisasi dengan iklan adalah seperti yang di sebutkan diatas. Yang paling populer sejak dulu adalah iklan GA (Google Adsense). Melalui iklan GA blogger  bisa mendapatkan penghasilan jika ada yang mengklik iklan. Tapi peraturan GA sangat ketat dan banyak larangannya. Karena itu sebelum memasang iklan GA sebaiknya di ketahui dengan baik apa saja yang di larang dan di perbolehkan.
Selain memasang iklan, penghasilan dari blog dapat di peroleh denga cara menulis artikel pesanan orang lain. Biasanya blog dengan reputasi yang baik, memonetisasi blognya dengan membuat review. Review bisa berupa review tentang situs lain, ataupun tentang barang dan jasa. Biasanya, bayaran dari Paid Review lebih besar berkali-kali lipat daripada memasang iklan. tapi karena untuk mendapatkan pekerjaan Review itu sangat susah dan tidak semua orang bisa serta memiliki blog yang layak, maka alternatif paling mudah untuk memonetisasi blog adalah dengan memasang iklan.
Setelah blog yang anda buat mulai mendapat penghasilan rutin setiap bulan, maka anda sudah menjadi Blogger Profesional, yaitu seseorang yang menjadikan Blogger sebagai profesi dan mendapatkan penghasilan dari sana.
Saya tahu, menjadi Blogger Profesional lebih mudah di ucapkan daripada di lakukan. Jangan takut, saya akan memandu anda step by step untuk menjadi Blogger Profesional.  Gratis dan tidak di punggut bayaran. Yang harus anda lakukan adalah membaca artikel Panduan menjadi Blogger ini secara seksama agar bisa mempraktekkannya sendiri.  (May Zul)