Benar! sebagai orang muslim yang awam, saya mempercayai semua yang ada dalam Al Quran. Jika Al quran mengatakan bumi ini datar saya percaya karena saya mengimani Al Qur’an. Dan karena memang demikian adanya. Saya bisa berdiri tegak karena bumi yang saya pijak ini datar. Kalau segitiga atau bulattelur, pasti saya jatuh. Ini kalau bumi hanya selebar tempat yang saya pijak.

Menurut beberapa Ulama, Al Quran telah menyebutkan bahwa bumi ini datar. Dan para Ilmuwan kekeh kalau bumi ini bulat. Yang bener mana? Apakah anda akan mengikuti pendapat ilmuwan dan menafikan ayat al quran? atau anda mengikuti pendapat ulama meski kenyataan yang anda lihat dan saksikan dengan mata kepala sendiri adalah bahwa bumi memang benar bulat?

 
Sebagai seorang muslim, saya yakin kalau Al qur’an tidak mungkin bertetangan dengan ilmu pengetahuan, tapi kita yang ‘miskin pengetahuan inilah’ yang salah  memahaminya.

Allah berfirman: “Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.” (QS. Al Ankabut:49)

Kalau khilaf, mohon di maafkan, saya tidak/belum terbaca ayat Al Qur’an yang secara jelas dan gamblang mengatakan kalau bumi ini datar. Yang pernah saya baca adalah ayat yang mengatakan bahwa Bumi di ciptakan dengan cara di hamparkan. Kata ‘hampar’ setidaknya di temukan dalam 2 ayat Al Qur’an yaitu:

Artinya: “dan bumi bagaimana ia di hamparkan?” (QS Al-Ghashiyah:20)

Artinya: “dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.” (QS. Al-Hijr:19)

Ada yang mengartikan kalau kata di hamparkan merujuk pada benda datar. Kalau tidak datar, bagaimana bisa dihamparkan? Benar sekali. Kalau tidak datar bagaimana bisa di hamparkan? Tapi Al Qur’an tidak mengatakan secara langsung kalau bentuk bumi adalah datar. karena itu kita harus kembali ke QS AL Ankabut:49 untuk memahaminya.

Jadi bumi itu datar, memang benar! Karena kita bisa menghamparkan sesuatu di atasnya dan kita bisa berdiri tegak.  Tapi Apakah bentuk bumi datar?  Itu baru bisa di buktikan jika anda terbang ke angkasa dan melihat bumi dari atas sana.. 

Kalau bumi bentuknya datar,  kita pasti akan melihat  “Ujung” nya… 😉  (Nur)