Okra atau Lady Finger atau Kacang bend atau cabe belanda memiliki nam latin Abelmoschus esculentus. tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di wilayah Indnesia, baik di daerah Tropisny ataupun daerah subtropis. Okra sangat terkenal di wilayah Asia sebagai sayuran yang mempunyai nilai gizi sangat tinggi. Di India, Malaysia dan Jepan, Okra menjadi idaman. Hanya di Indonesia saja, sayuran ini belum memiliki begitu banyak peminat. Mungkin karena ada lendirnya saat di masak.

Buah Okra yang mirip jemari lentik seorang gadis ini memang di kenal sebagai buah berlendir. Tapi Lendir itu sebenarnya bisa di siasati jika anda ingin benar-benar mengkonsumsinya. Caranya, antara lain:
  1. Cuci bersih sebelum di potong, 
  2. Jangan di cuci setelah di potong.
  3. Untuk di masak dengan masakan berkuah, sebaiknya di biarkan utuh,
  4. Sebelum di masak di goreng dulu dengan sedikit minyak panas, dan lain-lain.
Karena memiliki kandungan Gizi yang sangat tinggi tapi susah menemukannya di pasar tradisional, akhirnya terpaksa menanam sendiri tanaman okra ini. Cara menanamnya sangat mudah, karena tanaman ini berkembang biak dari biji (baca: Cara bertanam Okra).  Yang paling susah adalah saat memasaknya. Karena saya adalah tip eorang yang praktis, saya mengolah okra dengan seefisien mungkin. kalau mereka menyuruh menggoreng dulu sebelum di amsak agar tidak berlendir, saya malah memasaknya langsung dengan bumbu. Berikut ini adaah salah satu resep masakan okra yang sering saya praktekna, Okra masak tumis Balacan. (Tumisk Okra Sambel Terasi)

Cara memasaknya:
  1. 6 okra muda ukuran sedang, cuci bersih lalu iris sesuai selera
  2. cabe merah 3 biji, 5 biji cabe rawit, dan 5 siung bawang, blender sampai halus
  3. tambahkan seiris kecil terasi dan garam secukupnya lalu tumis dengan minyak panas.
  4. Setelah tercium aroma harum, masukan potongan okra lalu aduk
  5. Tambahkan satu cangkir kecil air, aduk-aduk hingga mengering tapi jangan sampai gosong
  6. Setelah air kering, matikan api dan tuang tumis okra ke atas piring bersih
  7. Okra tumis Balacan siap di nikmati.