L3, (lelah, letih, lesu) adalah momok paling menjengkelkan untuk siapa saja yang hidupnya penuh aktivitas.  Padahal untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tersebut di butuhkan tubuh serta pikiran yang bugar. Lelah bisa datang kapan saja, terutama jika aktivitas yang kita lakukan overloaded dan waktu rehat hanya sedikit. Rasa lelah membuat orang malas untuk beraktivitas.  Namun jangan kahwatir, kami punya sejumlah cara jitu untuk melawan rasa lelah dan lesu yang menyebalkan tersebut, diantaranya adalah:

1. Berjalan

Olahraga murah meriah ini sangat efektif untu mengusir rasa kantuk yang menyerang, terutama di sinag hari. Menurut penelitian Fakultas Kesehatan California State Universiti, Long Beach, Amerika, jalan kaki setidaknya 10 menit ternyata mampu meningkatkan energi selama 2 jam penuh, Tidak hanya berjalan kaki, melakukan perengangan  ringan  seperti mengerakkan tangan,  cukup bermanfaat untuk menaikkan detak jantung yang pada akhirnya akan meningkatkan asupan oksigen ke orak dan keseluruh tubuh, Dengan demikian, pikiranpun akan menjadi segar kembali.

2. Sinar terang

Cahaya mampu mengaktifkan bagian di otak yang berfungsi untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar dan awas. namun cahaya yang kami maksud di sini bukan sembarang cahaya, tapi cahaya alami dari matahari. Sedangkan lampu neon dan lampu-lampu buatan lainnya tidak memberikan efek yang sama. Penelitian membuktikan bahwa orang yang tidur selama 5 jam dam 2 hari berturut-turut teryaata lebih awas dan lebih bugar daripada orang yaang tidur dengan porsi yang sama dalam waktu yang sama tapi bekerja di dalam ruangan dengan penerangan lampu neon.

4. Minum kopi

Minum kopi dapat membuat tubuh terjaga lebih lama dan terasa lebih segar. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi mampu memblokir Adrenosin yang masuk ke otak. Adrenosin adalah bahan kimia alami yang mampu memperlambat kerja syaraf. Selain itu, kafein juga bekerja mempercepat produksi adrenalim serta meningkatkaan level dopamin di tubuh sehingga tubuh terasa lebih segar.

5. Kurangi asupan Karbohidat

Seringkali kita mendengar keluhan dari teman, relasi dan sejenisnya bahwa mereka merasa ngantuk atau lelah setelah makan siang.  Rasa kantuk yang menyerang setelah makan siang ini selain karena ritme alami tubuh ternyata dipengarui juga oleh jenis makanan yang kita makan. Makanan dan minuman yang banyak mengandung karbohidrat atau zat gula membuat energi dalam tubuh langsung melonjak yang kemudian diikuti dengan mersosotnya kadar energi secara signifikan.  Lonjakan energi yang terjadi dalam tubuh inilah yang membuat tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Karena itu untuk mencegah lonjakan energi tersebut di sarankan saat makan siang kurangi asupan karbohidrat dan makan makanan yang tinggi protesin dan serat. (LISA2007)