Dosa jariyah adalah dosa yang tak pernah putus meski si empunya dosa sudah wafat. Anda pesti telah mengenal Amal jariyah/amal jariah sebagai salah satu amal manusia yang tidak akan pernah putus bahkan setelah orang itu wafat. Selain Amal Jariyah, ternyata dalam islam di kenal juga DOSA JARIYAH / DOSA JARIAH. 

Dosa jariyah tak terputus selamanya, selama danpaknya masih ada.  Selama ini kita sering lupa bahwa dalam Islam ada DOSA JARIYAH. Sehingga kita sering lengah dan alpa dalam memperhatikan perbuatan dan ucapan kita. Padahal jelas-jelas Allah telah berfirman tentang hal tersebut dalam Surat Yasin, ayat 12 yang berbunyi:

إِنَّا نَحْنُ نُحْىِ الْمَوْتَى وَنَكْتُبُ مَاقَّدُموا وَءَاثَارَهُمْ وَكُلَّ شَىْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُّبِينٍ


Yang Artinya: Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang yang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab induk yang nyata (Lauh Mahfuzh). [QS.Yasin : 12].

Di sini di sebutkan tentang apa yang di perbuat dan bekas-bekas yang di tinggalkan.  Setiap perbuatan atau perkataan yang  salah yang  di yakini oleh orang lain lalu di jalankan akan menjadi DOSA JARIYAH bagi pencetus perbuatan dan perkataan itu selama perbuatan dan perkataan itu di lakukan orang.
Misal:  SI A bilang, Kita di sunnahkan puasa di hari raya Idul Adha. Lalu ada si B, si C, si D yang mempercayai  apa yang di katakan si A dan menjalankan ajarannya itu. Padahal, Puasa di 2 Hari raya (IDul fitri dan IDul Adha) HARAM hukumnya. Maka selama ajaran si A di jalankan oleh si B, si C dan si D, si A akan mendapat bagian dari DOSAnya. Karena ke tiga orang ini menjalankan PUASA di hari raya atas petunjuk si A. Dan jika ketiga orang ini menyebarkan ajaran si A pada orang lain, dan orang lain itu ikut menjalnakan ajaran si A,  maka, dosa orang yang lain itu, Si A akan ikut menanggungnya.  Meski SI A sudah mati.

Dosa Jariyah adalah Dosa yang di lakukan sekali tapi memiliki bekas. Selama bekas itu masih ada, maka selama itu pula si pelaku DOSA Jariyah akan menerima bagiannya. Jadi teman-teman, jagalah LISAN atau perbuatan anda, karena apa yang anda ucapkan, anda lakukan jika di tiru orang padahal itu adalah perbuatan Salah, maka akan membuat anda menerrima sebentuk DOSA yang tidak ada habisnya yang akan anda terima hingga hari pembalasan tiba. Wallahu a’lam bish shawab.