Banyak sekali produk perawatan kulit yang mengeluarkan krim dan serum dengan kandungan yang sama. Contohnya: Krim Olay Total effects dan Serum Olay Total effects atau serum anti aging. Apakah kedua jenis bahan perawatan kulit yang berbentu kriam dan serum itu berbeda? Kalau beda, apa bedanya? Pernahkan anda menanyakan perbedaannya pada pakar perawatan kulit anda?
Untui mengetahui perbedaannya kita lebih dulu harus tahu definisinya. Serum adalah larutan dengan bahan dasar air yang mengandung bahan-bahan perawatan kulit dalam jumlah besar. Jumlah kandungannya biasanya sama dengan yang ada pada krim dengan merk yang sama. Namun pada serum karena kandungan dasarnya lebih ringan berarti bahan aktifnya dapat di lebih mudah diserap oleh kulit. Potensi dari kandungan bahan aktifnya juga lebih besar dan lebih terkonsentrasi di bandingkan dengan krim yang sama. Sehingga hasilnya pun terlihat lebih cepat.

Selalu gunakan serum pada kulit yang masih polos atau kulit yang sudah di bersihkan tapi belum di bubuhkan apapun. Jika ingin menggunakan kombinasi antaraserum dan krim, maka gunakan serum dulu baru kemudian gunakan krim. Jika anda menggunakan krim terlbih dahulu maka bahan aktif yang ada pada serum akan sulit menembus kulit. (Ardi/LISA2007)