Legenda Seribu Bangau Kertas. The Legend of Thousand paper cranes. Siapa yang bisa bikin bangau kertas? Model origami jenis ini tidak begitu mudah di pelajari. Perlu ketelatenan dan kesabaran khusus untuk bisa membuat sebuah bangau kertas apalagi kalau sampai harus membuat seribu. Seribu bangau kertas adalah sebuah mitos yang tidak dapat di buktikan kebenarannya. Konon kabarnya, jika kita sanggup membuat 1000 bangau kertas dalam satu malam, maka apa saja permohonan yang kita inginkan pasti akan terkabul. Percaya atau tidak, itulah mitosnya.

Legenda 1000 bangau kertas

Legenda 1000 bangau kertas sudah menjadi mitos di kalangan pencinta tahayul ini ternyata memiliki beberapa fakta terselubung yang tidak kita ketahui. Diantaranya adalah:
  • Mitos ini berasal dari Jepang
  • Merupakan simbol pengharapan dan Doa
  • Bangau dipercaya sebagai makhluk suci yang dapat hidup ribuan tahun, dll.
Di Jepang orang percaya, bahwa membuat 1000 bangau kertas dan merangkainya dengan benang akan dapat mengabulkan permohonan pembuatan. Apapun yang dinginkannya, jika dia sanggup membuat 1000 bangau kertas dalam 1 malam, maka permohonannya akan terkabul. Mitos ini, jika di telusuri akan merujuk pada sebuah kisah nyata yang terjadi di Jepan, yaitu di akhir perang dunia kedua. Ketika Blok sekutu menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, saat itu pula Jepang menyatakan diri kalah perang. Beberapa waktu setelah jatuhnya bom atom itulah, mitos 1000 bangau kertas mulai populer. Di sebutkan ada seorang gadis kecil bernama Sadako, yang menderita Leukemia akibat dari dampak radiasi bom Atom. Dan dia telah di vonis hanya memiliki kesempatan hidup tak lebih dari 1 tahun.
 
 
Sadako pernah mendengar tentang legenda kuno yang menyebutkan tentang permohonan melalui 1000 bangau kertas. dengan harapan agar bisa hidup lebih lama lagi, Sadako berencana membuat 1000 bangau kertas. Tapi sayang, menjelang ajalnya, dia hanya mampu membuat 640. Melihat kegigihannya, teman-teman Sadako menggenapi kekurangan bangau kertas tersebut dan menguburkannya bersama jasad Sadako.
 
Untuk mengenang Sadako, teman-teman tersebut juga menerbitkan surat dan menggalang dana untuk membangun sebuah monumen demi mengenang anak-anak Jepang yang meninggal akibat dari dampak bom Atom. Monumen sadako berupa sebuah patung seorang gadis kecil memegang bangau emas. Monumen itu dapat anda temui di depan Gembaku Dome, sebuah Taman Monumen Perdamaian Hiroshima.
 
Itulah asal mula populernya Legenda seribu bangau kertas. Boleh percaya, boleh tidak. Tapi kalau ingin mencoba, silahkan belajar Origami cara membuat bangau kertas dulu.