Lukisan Gua Zaman Prasejarah. Penemuan lukisan di dinding dan langit-langit gua sejak seabad yang lalu telah membuka pengetahuan manusia tentang kehidupan nenek moyang manusia di zaman purba. Sejak awal penemuan lukisan Gua pada tahun 1903 oleh Hermilio Alcade del Rio, seorang arkeolog Spanyol, hingga kini, telah ada sekitar 340 gua yang memiliki lukisan. Lukisan gua tersebut tersebar di daratan Eropa, antara Spanyol sampai Prancis hingga menyebrang ke benua lukisan gua Australia. Namun hingga kini belum ada kepastian tentang tujuan pembuatan lukisan gua tersebut. Apakah untuk keindahan, upaca keagamaan, atau media penyampai pesan.

Lukisan gua tertua ditemukan di gua Cueva El Castillo, Cantabria, Spanyol Utara. Cueva El Castillo atau gua castle merupakan gua yang penuh lukisan pertama dan tertua di dunia. Penelitian menggunakan penanggalan karbon merujuk pada masa sekitar 40.000 tahun SM. Sedangkan di Prancis, gua Chauvet dinobatkan sebagai lokasi lukisan gua tertua, dengan usia merujuk pada 30.000 SM. Penunjuk masa dan usia benda purbakala menggunakan penanggalan karbon, terkadang menuai isu kontroversial. Pasalnya, hasil dari uji penanggalan karbon terkadang menyesatkan, terutama jika sample bahan dari puing-puing lama yang di uji tercampur dengan puing-puing berusia baru.

Lukisan Gua pada zaman prsejarah ini di duga telah ada sejak zaman Paleolitikum hingga zaman Perunggu sejak zaman abad pertengahan lainnya. Lukisan tersebut biasanya berupa simbol-simbol yang hingga kini belum di ketahui maksudnya serta lukisan hewan dan tumbuhan. bahkan ada lukisan gua yang berupa kumpulan lukisan telapak tangan yang sangat banyak jumlahnya.  Lukisan hewan yang sering di jumpai di dinding-dinging gua adalah lukisan anjin, burung, rusa, kuda, bison bahkan ada juga lukisan hewan besar dari zaman purba yang saat ini sudah punah, yaitu lukisan mammoth.

Di Australia, lukisan gua di temykan di dataran tinggi Arnhem Land dan di Nawarla Gabarnmang. Tetapi usia lukisan gua ini masih lebih muda jika di bandingkan dengan lukisan gua di Spanyol dan Prancis. Lukisan gua di Australia berusia sekitar 28.000 ketika di uji dengan penanggalan karbon. Uniknya, di Australia di temukan objek lukisan yang lebih beragam. Bukan hanya hewan dan tumbuhan, tetapi juga lukisan sosok manusia yang lengkap.

Lukisan-lukisan gua dari zaman prasejarah tersebut hingga saat ini masih menjadi objek penelitian. Karena masih banyak misteri yang belum terungkap tentang keberadaan lukisan-lukisan tersebut, baik tentang maksud dan tujuan lukisan tersebut ataupun cara melukisnya. Sejarah purba memang sangat susah di pecahkan. terlalu banyak misteri dan rahasia yang tersimpan dan sulit untuk di ungkap.