Global Warming – Pemanasan Global. Global warming atau pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata yang terjadi di bumi, baik di atsmosfer, di laut atau pundi daratan. Pemanasan global merupakan masalah serius yang menjadi tanggung jawab setiap individu untuk melakukan pencegahannya. Karena global warming mempunyai efek yang sangat buruk bagi kelangsungan segala bentuk kehidupan dan faktor-faktor pendukungnya.

Setiap anomali dialam yang terjadi akhir-akhir ini, seperti musim yang tidak bisa lagi di prediksi, cuaca ekstrim, mencairnya es di kutub merupakan salah tiga dari banyak hal yang disebabkan oleh pemanasan global. Lalu apa penyebab global warming dan bagaimana menangganinya? Untuk mengetahui penyebab global waming dapat di baca di Kamuslife.com. Namun untuk mengetahui cara menyelamatkan planet bumi tercinta ini dari bencana akibat pemanasan global, saya memiliki beberapa tip-tip yang bisa di lakukan.

Global Warming – Pemanasan GlobalPemanasan Global

Berikut ini adalah beberapa tips mencegah pemanasan global yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan planet kita.

1. Mengemudi Cerdas (Drive Smart). Sebuah ban mobil yang disetel dengan benar akan menurunkan penggunaan bahan bakar, mengurangi uang bensin, memotong polusi, dan menghemat bahan bakar fosil. Akan lebih baik lagi, jika anda berhenti membawa mobil sendiri dan memakai angkutan umum saja. Berjalan atau bersepada akan membuat anda sehat sepanjang masa.

2. Ganti lampu pijar cahaya dengan lampu neon kompak. Terutama bagi mereka yang membutuhkan penerangan sepanjang hari. Karena Compact fluorescent menghasilkan cahaya yang sama seperti lampu pijar biasa, tapi membutuhkan energi listrik lebih sedikit yaitu sekitar 1/4 bohlam biasa serta memiliki masa aktif yang lebih lama 10 kali.

3. Membeli peralatan elektronik yang hemat energi (Energi saving Appliance). Mengganti kulkas tua atau AC dengan model hemat energi akan menghemat uang untuk tagihan listrik Anda serta mengurangi polusi yang menyebabkan pemanasan global .

4. Menanam Pohon dan melindungi hutan. Melindungi hutan adalah satu langkah besar untuk membatasi pemanasan global. Karena pohon adalah produsen Oksigen yang paling baik.  Anda dapat menanam pohon sejak sekarang dan memulainya dari halaman belakang Anda sendiri. Karena pohon-pohon tersebut dapat menyerap CO2 yang merupakan faktor utama penyebab pemanasan global .

5. Menggunakan kembali dan mendaur ulang (Recycle). Mebdaur ulang kertas, kaca dan logam akan menghemat 70-90 % energi dan mengurangi polusi . Daur ulang setumpuk surat kabar hanya 4 meter akan menghemat pohon yang cukup besar !

6. Jangan membiarkan alat elektronik pada posisi siaga (Stand By). Matikan alat elektronik saat tidak digunakan. Membiarkannya dalam posisi stand by sama artinya dengan membuat energi percuma. Karena meskipun dalam posisi stand by, alat-alat tersebut tetap membutuhkan suplay energi yang besar.

7. Defrost kulkas tua dan Freezer teratur. Mematikan dan menghidup kulkas dan freezer secara rutin untuk melakukan defrost secara manual akan membuat banyak energi terbuang. Lebih baik ganti kulkas lama anda dengan model terbaru yang memiliki siklus defrost otomatis biasanya lebih hemat energi dari kulkas model lama. 

8. Tutup Panci Anda saat memasak. Dengan menutup panci saat memasak, anda telah menyelamtakan energi yang terbuang percuma. Memasak dengan panci yang tertutup lebih cepat matang dari panci yang terbuka, karena energi panas tersimpan dalam wadah panci dan tidak terlepas ke udara. Begitu anda akan hemat gas Elpiji yang saat ini akan menjadi semakin langka.