Mitologi Yunani atau dalam bahasa luar di kenal sebagai Greek Mythologi, merupakan pelajaran klasik tidak penting yang sangat menarik untuk di pelajari. Dtebu.com menganggapnya tidak penting, karena tanpa mempelajarinya juga tidak akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup seseorang. Tetapi sekali saja mempelajarinya, anda akan merasa semakin ingin tahun. Kenapa? Karena benyak cerita-cerita menarik di dalamnya. Tidak perduli kalau pun itu hanya sebuah folktale, legenda, ataupun cuma mitos. Selalu ada kepuasan tersendiri saat mengetahui sedikit banyak tentang senjarah. Karena meski manusia dan sejarah tidak terpisahkan. Dan akan selalu muncul rasa penasaran untuk kembali mengintip kebelakang. Memikirkan teori-teori yang mungkin terjadi ataupun merancang teori konspirasi tentang suatu peristiwa sejarah.

Olympian Family Tree Mitologi Yunani berhubungan erat dengan dewa dewi yang menghuni puncak Olympus yang di kenal dengan sebutan the Olympian. Dewa-dewi itu sendiri mempunyai asal muasal yang sangat panjang. Di mulai sejak zaman titan. Yang di mulai dari Gaea dan Uranus. Uranus sebenarnya adalah ciptaan Gaea yang kemudian menjadi suami dan pendampingnya sampai melahirkan banyak keturunan baik titan maupun dewa. Berikut ini adalah Family Tree dari para dewa-dewi.

Mungkin karena dewa-dewi ya, mereka lebih banyak melakukan incest. Karena dewa dan titan sangat sedikit. Contohnya adalah leluhur para dewa itu sendiri, yitu titan Gaea yang menikahi hasil ciptaannya sendiri. Lalu Zeus yang menikahi saudari-saudarinya dan sepupunya. Atau Hades yang menikahi keponaknnya. Selain itu para dewa juga ternyata sangat suka berselingkuh dengan manusia dan mempunyai anak yang menjadi setengah dewa atau Demi God. Contoh buah cinta dewa dengan manusia diantaranya adalah Perseus, Hercules, Achilles, dll. Para demi God ini kemudia di kenal sebagai pahlawan Yunani yang namanya abadi di elu-elukan sepanjang zaman hingga sekarang. Siapa yang tidak kenal Perseus? Pembunuh mendusa. Siapa yang tidak kenal Hercules, si gagah perkasa pembela yang lemah. Siapa yang tidak kenal Achilles, pembunuh Hector sang penakluk kuda.

Mitologi Yunani hanyalah sebuah legenda. Tapi apakah legenda itu tercipta berdasarkan kisah nyata, tidak seorang pun yang tahu. Banyak misteri dan pelajaran berharga di sana. Jika tertarik, jangan lupa untuk mempelajarinya ya… 🙂 kalau ingin tahu sekilas tentang para dewa-dewi penghuni puncak Olympus, dtebu akan menuliskannya beberapa waktu ke depan dalam artikel berjudul Nama dewa-dewi Olympian.