Misteri Kucing Jantan Belang Tiga. Pernahkah anda melihat kuncing jantan belang telon? Saya tidak pernah. Karena itu setiap kucing belang telon betina milik bapak hamil, dengan harap-harap cemas saya berdoa semoga anaknya ada yang belang telon jantan. Tetapi harapan itu cuma tinggal harapan, kami sekali lagi si Olla (nama kucing bapak) melahirkan anak-anaknya secara prematur. Dan hampir semua anaknya yang terlahir adalah belang telon… tapi tidak tahu apakah jantan atau betina.

Menurut mitos yang di percaya di masyarakat, kucing belang telon memiliki misteri yang mengundang rasa ingin tahu banyak orang. Terutama menyangkut kuncing belang telon jantan. Selain karena kucing belan telon dikaruniai dengan warna bulu yang sangat indah, jika betina terlihat cantik, kucing ini katanya mempunyai tuah. Tuah pada kucing belang telon di miliki oleh kucing belang tiga jantan. Karena itu kucing ini banyak di cari orang baik dalam keadaan hidup ataupun mati. Konon kabarnya, seseorang yang memelihara kucing jantan belang tiga akan dikaruniai derajat yang tinggi dan rezeki yang melimpah. Sedangkan seseorang yang menyimpan bagian tertentu dari kucing belang telon jantan, akan menjadi orang yang sakti, kebal senjata, di takuti lawan dan di sayangi kawan. Begitu ampuh dan bertuahnya kucing belang telon jantan sehingga siapapun ingin memilikinya. Bahkan ada yang sampai bersedia membayar dengan harga yang tinggi.

Faktanya, kucing jantan belang telon memang langkah dan jarang di temui. Karena sifat belang telon yang di milikinya merupakan hasil dari kelainan gen yang bersifat lethal. Gen lethal pada kucing belang telon tiga terdapat pada kromosom X dengan genotif Xo. Jika kucing betina normal mempunyai genotif XOXO maka kucing betina belang tiga mempunyai genotif XOXo. Genotif Xo adalah gen resesif yang jika bertemu dengan gen resesif lainnya menjadi XoXo bersifat lethal. Atau jika Xo bertemu dengan kromosom Y akan terbentuk genotif XoY yang juga bersifat lethal. Sebagian besar hewan mempunyai kromosom yang bersifat diploid. Namun pada kucing jantan belang telon yang hidup kromosomnya bersifat tripoid. Dimana kucing tersebut memiliki sepasang kromosom X dengan genotig XOXo plus 1 kromosom Y. Kelainan gen seperti ini menyebabkan kucing jantan belang telon mempunyai sifat sepert kucing betina dan infertil alias mandul.

Kromosom yang bersifat tripoid hanya terjadi secara kebetulan dan sangat langkah. Kemungkinan seekor kucing jantan belang telon dapat terlahir adalah 1:10.000. Artinya seekor kucing jantan belang tiga secara ilmiah sudah di pastikan tidak akan di lahirkan dalam keadaan hidup karena memiliki gen lethal. Namun dalam segala hal selalu ada pengecualian, sehingga terkadang ada orang yang mengatakan melihat kucing belang telon jantan. Iru faktanya.

Sedangkan mitos yang mengatakan bahwa kucing jantan belang telon selalu di bunuh oleh induknya bahkan ketika masih berada dalam kandungan, belum bisa di buktikan secara ilmiah. Meski cerita dari zaman dahulu mengarah kesana. Karena menurut cerita, kucing jantan belang telon memiliki kesaktian, yaitu tatapan matanya dapat menghipnotis hewan-hewan lain. Sehingga kucing jantan belang telon dianggap ancaman oleh sesamanya dan harus di bunuh. Karena kelangkaan dan kesaktiannya, ada juga yang menyebut kucing jantan belang telon sebagai rajanya Kucing. Percaya atau tidak, terserah anda. Inilah misterinya kucing jantan belon telon yang jarang dijumpai…