Arti dan Makna Motif Kain Batik bag 3. Pada artikel sebelumnya telah di sebutkan arti dan makna motif-motif batik seperti truntum, kawung, udan riris, dan seterusnya. Di bagian ke tiga ini, dtebu.com akan membagikan arti dan makna motif kain batik yang lain. Seperti telah di sebutkan di artikel sebelumnya, Macam-macam Motif Kain Batik, kain batik memiliki beragam motif. Dan tiap-tiap motif batik mempunyai arti dan makna tersendiri sehingga saat memakainya, harus di Makna motif batik sesuaikan dengan arti dan  maknanya. Tidak semua bisa memakai kain batik dengan motif tertentu, karena derajat dan posisnya tidak sesuai untuk itu.  Dtebu.com memiliki ketertarikan khusus dengan hal-hal seperti ini, sehingga ingin sekali berbagi sedikit pengetahuan yang diketahuinya tentang arti dan makna kain batik.

Arti dan makna di balik Motif Kain Batik

8. Kain Batik Motif Parang Kusumo

Mengandung makna hidup harus dilandasi oleh perjuangan untuk mencari keharuman lahir dan batin, ibaratnya keharuman bunga (kusumo). Demikianlah, bagi orang Jawa, hidup di masyarakat yang paling utama dicari adalah keharuman pribadinya tanpa meninggalkan norma-norma yang berlaku dan sopan santun agar dapat terhindar dari bencana lahir dan batin.

9. Kain Batik Motif Parang Rusak Barong

Motif parang rusak barong ini merupakan induk dari semua motif parang. Motif ini mempunyai makna agar seorang raja selalu hati-hati dan dapat mengendalikan diri.

10. Kain Batik Motif Megamendung

Motif Megamendung mempunyai makna filosofi dimana Megamendung melambangkan kehidupan manusia secara utuh dari awal sampai akhir sehinga bentuknya harus menyatu. Dalam kehidupan manusia yang selalu berubah (naik dan turun) kemudian berkembang keluar untuk mencari jati diri (belajar/menjalani kehidupan sosial agama) dan pada akhirnya membawa dirinya memasuki dunia baru menuju kembali kedalam penyatuan diri setelah melalui pasang surut (naik dan turun) pada akhirnya kembali ke asalnya (sunnatullah)

11. Kain Batik Motif Tambal

Motif tambal mempunyai makna menambal atau memperbaiki hal-hal yang rusak. Dalam perjalanan hidupnya, manusia harus memperbaiki diri menuju kehidupan yang lebih baik, lahir maupun batin. Dahulu, kain batik bermotif tambal dipercaya bias membantu kesembuhan orang yang sakit. Caranya adalah dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan kain motif tambal. Kepercayaan ini muncul karena orang yang sakit dianggap ada sesuatu “yang kurang”, sehingga untuk mengobatinya perlu “ditambal”.

12. Kain Batik Motif Babon Angrem

Babon Angrem terdiri dari kata “babon” (induk ayam)  dan “angrem” (mengerami telur), sehingga motif ini melambangkan induk ayam yang sedang mengerami telurnya. Maknanya adalah manusia hendaknya bersabar, seperti sabarnya seekor induk ayam yang sedang mengerami telurnya hingga menetas.

13. kain Batik Motif Sekar jagad

Motif Sekar Jagad mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona. Sekar jagad berasal dari kata sekar dan jagad yang artinya dunia. Ada pula yang beranggapan bahwa motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata “kar jagad” (Kar=peta; Jagad=dunia), sehingga motif ini juga melambangkan keragaman diseluruh dunia.

14. Kain Batik Motif Semen Rama

Motif Semen Rama diartikan sebagai penggambaran dari kehidupan yang berkembang atau makmur. Jika di lihat dari motifnya yang terdiri dari 3 jenis ornamen, ada yang memaknai bahwa motif semen rama berhubungan dengan paham tiga dunia, triloka atau tribawana yang mengajarkan bahwa dunia ini terbagi menjadi 3, yaitu dunia atas (tempat para dewa), dunia tengah (tempat para manusia) dan dunia bawah (roh jahat, setan dan marakhayangan).

15. Kain Batik Motif SidoLuhur

Makna motif batik Sidoluhur adalah berhasil mengembangkan, menyempurnakan diri menjadi manusia yang berbudi luhur, berusaha mencapai kedudukan yang tinggi, dan dapat menjadi panutan masyarakat yang senantiasa disertai dengan berdoa dan bersyukur kepadaNya. Motif Sidoluhur ini adalah salah satu motif yang dikenakan oleh pengantin saat pernikahan.

16. Kain Batik Motif Sidoasih

Motif sidoasih mempunyai arti dan makna yang berhubungan dengan harapan agar manusia mengembangkan rasa saling menyayangi dan mengasihi antar sesama sehingga apa yang di inginkan bisa tercapai dan terlaksana dengan baik. Kain batik bermotif sidoasih biasanya di kenalan oleh pengantin wanita pada malam pengantinnya. 

Untk mengetahui lebih banyak tentang batik, motif dan macamnya, dapat di bawa di kumpulan artikel tentang Arti dan Makna Motif Batik di SINI.

Sebelumnya:  Arti dan makna Motif kain Batik bag 2
                      Arti dan makna Motif Kain Batik bag 1