Arti dan Makna Motif Kain Batik bag 2. Pada artikel sebelumnya telah di sebutkan arti dan makna motif-motif batik seperti sidomukti, parang rusak, dan parang klitik. Kini akan dtebu.com bagikan arti dan makna motif kain batik yang lain. Seperti telah di sebutkan di artikel sebelumnya, Macam-macam Motif Kain Batik, kain batik memiliki beragam motif. Dan tiap-tiap motif batik mempunyai arti dan makna tersendiri sehingga saat memakainya, harus di sesuaikan dengan arti dan Portal Informasi Online maknanya. Tidak semua bisa memakai kain batik dengan motif tertentu, karena derajat dan posisnya tidak sesuai untuk itu.  Dtebu.com memiliki ketertarikan khusus dengan hal-hal seperti ini, sehingga ingin sekali berbagi sedikit pengetahuan yang diketahuinya tentang arti dan makna kain batik.

Arti dan makna di balik Motif Kain Batik

Seperti di sebutkan di atas, bahwa motif batik banyak sekali jenisnya. Dan tiap motif mempunyai makna tersendiri. Berikut ini adalah arti dan makna yang terkandung pada beberapa motif kain batik, diantaranya:

4. Kain Batik Motif Kawung

Motif batik Kawung mengandung makna bahwa keinginan dan usaha yang keras akan selalu membuahkan hasil. Setiap usaha membutuhkan kerja keras, dan hanya dengan keteguhan hati suatu cita-cita dapat tercapai.  Kebiasaan untuk bekerja keras secara maksimal sudah sering diajarkan oleh nenek moyang kita orang Jawa sejak dulu. Kerja keras untuk menghasilkan rejeki berlipat akan lebih bermakna jika dibarengi dengan sikap hemat, teliti, cermat, dan tidak boros.

5. Kain Batik Motif Truntum

Motif Truntum, secara umum mempunyai arti dan makna tumbuh dan berkembang. Kain batik motif Truntum biasanya di kenakan oleh orang tua mempelai. Jika di pakai oleh orang tua mempelai, motif ini mempunyai makna, walaupun putra putri mereka sudah menikah dan membangun keluarga sendiri, orangtua akan tetap mencintai dan menuntum mereka.

6. Kain Batik Motif Udan Riris

Motif Udan Riris mempunyai arti dan makna ketabahan dan ketahanan dalam menjalani hidup prihatin. Udan riris adalah kata lain dari hujan gerimis atau hujan rintik-rintik. Selain mengandung arti ketabahan dan ketahanan, motif batik ini juga  merupakan simbol kesuburan, kesejahteraan, dan rahmat dari Tuhan yang di gambarkan dalam bentuk hujan rintik. Di Keraton Yogyakarta dan Surakarta, dulunya batik ini termasuk ke dalam batik larangan. Motif ini termasuk yang hanya diperkenankan dipakai oleh keluarga kerajaan. Namun dengan berjalannya waktu, motif ini bisa dipakai oleh siapa saja.

7. Kain Batik Motif Parikesit

Mengandung makna bahwa untuk mencari keutamaan harus dilandasi dengan usaha keras, gesit, pantang menyerah tanpa harus meninggalkan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Dengan usaha keras dan gesit itulah diharapkan bisa membangun keluarga inti yang sejahtera lahir dan batin.

Bersambung ke Arti dan makna Motif kain Batik bag 3)
Sebelumnya:  Arti dan makna Motif Kain Batik bag 1