Blog Copas merajai dunia. Dan Google di buat tak berdaya. Sungguh ini suatu ujian bagi para blogger berdedikasi tinggi yang setiap saat ..detik demi detik mencoba merangkai kata menjadi seuntai kalimat hingga terkumpul menjadi paragraf clog copas namun akhirnya jerih payah itu lenyap begitu saja ketika para penjiplak mulai beraksi. Google yang selama ini dengan keras mendengung-dengungkan anti plagiarisme ternyata hanya pura-pura perduli tapi sama sekali tidak berupaya untuk mengatasi hal seperti ini. Buktinya, banyak blog hasil copas menduduki tempat teratas di daftar pencarian google.

Trgisnya lagi, google seperti seorang pria buta yang ingin menunjukan jalan. Bukannya menuju jalan yang benar tapi malah menyesatkan orang. Buktinya lagi, berapa banyak google adsense publisher yang dibanned accountnya, dan tidak terindex blognya gara-gara google tidak bisa memutuskan artikel mana yang original dan mana hasil copas. Hanya gara-gara duplikat kontent lebih pandai memposisikan diri di daftar pencarian teratas search enggine, sumber artikel original dianggap yang memalsukan. Hurm….parahnya lagi logo keramat DMCA pun terpasang di blog hasil copas. Kenapa bisa begitu?

Sebenarnya, tidak ada yang dirugikan oleh blog copas selain penulis artikel aslinya. Mungkin itu sebabnya google tidak bertindak ketat. Tidak seperti saat blog terbukti menggunakan autogenerated content. Blog yang bersangkutan langsung kena banned dari search enngine. Karena yang dirugikan oleh sebuah blog autogenerated content adalah pengunjung yang hanya bisa berputar-putar di blog tersebut tanpa bisa keluar. Bahkan sampai ubanan kalau nekat tidak mau menutup jendela browsernya.

Lalu kenapa saya kini berceloteh tak karuan disini? Ini karena saya yang telah menjadi korban plagiarisme sejak lama akhirnya habis kesabaran tapi tidak tahu harus berbuat apa dan mengadu pada siapa. Seharian uring-uringan juga tidak dapat menyelesaikan masalah. Aishhh… apakah karena blog copas merajai dunia maya lalu saya harus kehilangan semangat untuk berkarya?  Sungguh seperti memakan buah mahkota dewa…