Arti kata Janaka adalah Manusia Berkelamin Ganda alias hemaprodit. Itu fakta yang baru dtebu.com temukan dalam suatu pengembaraan di dunia maya. Ternyata kata Janaka (Janoko) memiliki arti yang negatif juga. Selama ini kata janaka yang Janaka identik dengan nama ksatria penengah Pandawa, yaitu Arjuna, selalu di identikan dengan arti yang indah, maskulin dan perkasa. Ada yang bilang bahwa kata Janaka berasal dari kata bahasa Arab Jannah atau Jannatuka yang artinya Surga. Padahal, kalau menurut sejarah, kitab Mahabarata di mana di kisahkan tentang keluarga Pandawa telah ada lebih dahulu dari hal-hal yang berhubungan dengan dunia Arab. Tapi kemungkinan selalu ada. Bahwa bahasa Arab menanamkan sedikit pengaruhnya di dataran India semasa penulisan kitab Mahabarata.

Kalau menurut pendapat saya, Janaka merupakan julukan dari Arjuna. Karena seperti kita ketahui, Arjuna pernah di kutuk menjadi lelaki yang keperempuanan. Alias banci. Dan kata banci dalam bahasa India Kuno adalah janaka. Manusia berkelamin janda. Fenomena manusia berkelamin ganda atau yang dalam ilmu pengetahuan di sebut sebagai Hemaprodit sangat rumit sekaligus menakjubkan. Dalam buku Riwayat para Budha di sebutkan bahwa seorang Janaka bisa menjadi perempuan dan bisa juga menjadi laki-laki. Karena itu ada dua jenis Hemaprodit, yaitu hemaprodit laki-laki dan Hemaprodit perempuan.

Ketika seorang perempuan hermafrodit ingin melakukan hubungan seks sebagai seorang laki-laki, alat kelamin perempuannya menghilang dan alat kelamin laki-lakinya muncul. Ketika seorang hermafrodit laki-laki ingin melakukan hubungan seks dengan laki- laki lain, alat kelamin laki-lakinya menghilang dan alat kelamin perempuannya muncul. Seorang hermafrodit perempuan dapat hamil dan dapat juga menghamili perempuan lain. sedangkan Hermafrodit laki-laki tidak dapat hamil, namun dapat menghamili perempuan lain.

Sedangkan kisah mengapa Arjuna kemungkinan besar di panggil Janaka adalah karena pada salah satu babak mahabarata di sebutkan dewi Urwasi pernah memaksa Arjuna untuk bersetubuh. Namun di tolak oleh Arjuna. Karena merasa sakit hati akhirnya Arjuna di kutuk menjadi perempuan oleh dewi Urwasi. Selain itu, dimasa pengasingan, Arjuna pernah menyamar menjadi wanita bernama Brihannala yang menjadi guru tari dan guru nyanyi untuk para bangsawan negeri Matsya.

Ini mungkin hanya fakta yang tidak memiliki bukti. Jadi jangan terlalu percaya. Fakta terselubung seperti ini layaknya hanya menjadi bahan bacaan ringan penghapus kerisauan. So, kalau anda bernama Janaka, jangan kuatir… tidak perduli apa arti lainnya… yang penting niat dan kepribadian anda… 😉